Ada Guru (
konon kabarnya dosen sebuah perguruan tinggi ) dengan nada sinis sambil
mengejek mengatakan “Fidyah shalat merupakan taktik guru agama agar mendapatkan
rizqi disaat ada kemalangan” Na’uzu billahi min zalik, mungkin beliauini
terbaca pemikiran Seikh As-Sayyid As-Sabiq yang menyatakan :
أجمع العلماء
على أن من مات وعليه فوائت من الصلاة فان وليه لا يصلى عنه ولا غيره
Artinya :
Para Ulama sudah ijma’ (Konsensus) terhadap yang wapat yang masih ada shalatnya
yang tinggal, walinya (kerabatnya) maupun orang lain tidak boleh mengqodhonya.
Pendapat ini
tidak benar minimal belum dapat kita terima, sebab ulama ibnu basyar menuqilkan
pendapat Imam Syafi’i Rahimahullah ( Qoul qodim) begini :
انه يلزم
الولي ان خلف تركة أن تصلي عليه
Artinya :
Sesungguhnya wajib bagi siwali mengqodho shalat orang yang meninggal, andainya
dia meninggalkan warisan.
Demikian
juga boleh mengqodho sholat orang yang meninggal menurut pendapat Imam
Syibromalisi, Al-Ibadi, Ishaq, Atha, Ibnu Asyirin , Ibnu Daqiqi Al-Id dan
Tajuddin As-Syubky.
Memang
diakui, Pendapat yang masyhur dalam Mazhab Syafi’I ” Orang yang meninggal yang
masih ada qodhoan shalatnya tidak ada perintah atau suruhan untuk mengqodho
atau membayar Fidyah sholat orang tersebut”. Namun perlu kita ketahui banyak
ulama berpendapat sangat baik membuatkan Fidyah sholat orang yang meninggal
tersebut, diantaranya Imam Al-Qolyuby, Imam Nawawi, Imam Al-bughowy, Imam
Ar-Rofi’I dan Imam Algoffal menjelaskan begini :
انه يطعم عن
كل صلاة مدا
Artinya :
Memberi makan satu mud (675 gr) dari setiap sholat wajib yang ditinggalkan.
Pemikiran
beliau-beliau ini dikiaskan atau dianalogikan mereka kepada masalah shoum
(puasa) yang nashnya begini :
من مات وعليه
صيام صام عنه وليه (متفق عليه)
من مات وعليه
صيام شهر فليطعم عنه مكان كل يوم مسكينا (رواه ابن ماجه)
Pendapat-pendapat
Ulama Syafi’iyah ini sejalan dengan ijtihad Imam Abu Hanifah Rohimahulloh dan
menurut As-Syafi’iyah setiap satu sholat wajib Fidyahnya satu mud (675 gr).
Sehari semalam 5 x shalat wajib, sedangkan 1 tahun = 360 hari x 5 waktu =1800 x
sholat wajib.1 tabung beras (4 kg) = 6 mud.
Bila orang
meninggal berusia 45 tahun umpamanya, maka 45 tahun dikurang umur sebelum
dewasa 15 tahun = 30 tahun dikurangi lagi ketaatan 15 tahun misalnya, tinggal
yang perlu dibayar Fidyahnya 15 tahun lagi.
Kalau beras
yang dipersiapkan untuk Fidyah ada 20 tabung, maka cara pelaksanaannya sebagai
berikut :
15 tahun x
360 hari x 5 waktu = 27000 waktu.
20 tabung
itu = 120 waktu. 27000 waktu : 120 mud = 225 kali.
Selanjutnya
faqir A mensedekahkan kepada faqir B 113 kali dan faqir B mensedekahkan kepada
Faqir A sebanyak 112 kali jumlahnya = 225 kali.
Dengan
demikian selesailah Fidyah orang tersebut.
Imam Abu
Hanifah hanya membolehkan dibayar Fidyah sholat orang yang meninggal dengan
syarat :
a. Ada wasiat untuk dibuat Fidyah
dari orang yang wafat itu
b. Makanan pokok, juga boleh dengan
uang seharga 1/2 sha’ (1,9 kg).
c. Sehari semalam dihitung 6 kali
sholat wajib dengan witir.
d. Tidak boleh sedekah berputar (
faqir A mensedekahkan kepada faqir B dan faqir B kembali mensedekahkan kepada
faqir A dan seterusnya.
Kesimpulannya Imam Abu Hanifah Rahimahulloh tidak
membolehkan membayar Fidyah orang yang meninggal tanpa ada wasiat dari orang
yang meninggal tersebut.
H. MAHMUDDIN PASARIBU
AL-USTADZ MA,HAD MUSTHAFAWIYAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar